Minggu, 18 Agustus 2013

NASIONALISME PEMUDA INDONESIA DEWASA INI

Sudah menjadi barang umum bahwa nasionalisme pemuda pada saat ini menjadi sorotan masyarakat luas, terutama pada hari-hari penting nasional, seperti hari pahlawan, hari kebangkitan bangsa, dan hari proklamasi kemerdekaan pada saat ini.

Yang menjadi perhatian adalah rendahnya rasa nasionalime dan kecintaan pada negeri ini, pemuda yang dipandang sebagai penerus bangsa karena menentukan jaya atau tidaknya negeri ini di anggap tidak mempunyai rasa cinta tanah air.

Ironis memang, mendengar pernyataan seperti itu dalam masyarakat, sedangkan saya sendiri adalah pemuda, memang penulis tidak memungkiri apa yang menjadi perbincangan dan sorotan masyarakat yang menganggap pemuda dalam krisis nasionalisme.

Itu terbukti dengan banyaknya tanda-tanda yang menunjukan bahwa nasionalisme pemuda menurun, mulai dari para pelajar yang tidak hafal lagu kebangsaannya, tidak hafal Pancasila dan lain sebagainya, banyak contoh yang lain.

Namun ditengah-tengah sorotan lemahnya atau rendahnya rasa nasionalisme pemuda saat ini, banyak yang menganggap ini adalah kesalahan pemerintah, terutama seatelah masa reformasi, masyarakat menganggap pemerintah tidak bisa menanamkan rasa nasionalisme para generasi penerus bangsa. Namun mereka lupa bahwa penanaman rasa nasionalisme para pemuda saat ini, adalah gambaran masa lalu.

Dalam arti ini bahwa setiap ada akibat pasti ada sebab, saya rasa rasa nasionalisme yang menurun disebabkan oleh masyarakat itu sendiri di masa lalu, terutama kalangan keluarga yang kurang menanamkan rasa nasionalisme itu sendiri. ini bisa kita lihat seperti kedua orang tua yang kurang memperhatikan anaknya dikarenakan banyaknya masalah pribadi, baik itu perceraian, lebih mementingkan pekerjaanya dan lain-lain

Kesimpulanya adalah rendahnya rasa nasionalisme di kalangan pemuda adalah dari berbagai faktor, jangan selalu menyalahkan pemuda itu sendiri, lihat pribadi masing-masing bila ingin menciptakan rasa nasionalisme di kalangan pemuda saat ini dan generasi selanjutnya, mulailah dari pribadi masing-masing.

oleh Dwiky Agil Ramadhan

INFO PENTING !!!, ada investasi yang memberi anda kemudahaan dan bermodal murah, saya selaku bloger DWIKY AGIL RAMADHAN sudah mendapat manfaatnya, silahkan kunjungi http://KomisiVirtual.com/?id=DWIKY, dan ikuti dan rasakan manfaatnya !!!!!!  


Entri Populer

silaturahmi

bagi kawan2 pengunjung blog ini, bisa menghubungi saya di 746839BA Hehehe, untuk menjalin silaturahmi antar umat manusia