Rabu, 14 Agustus 2013

ANCAMAN INDEPENDESI MAHKAMAH KONSTIUSI

akhir-akhir ini dalam berbagai berita baik itu suarat kabar maupun media elektronik memberitakan pengangkata Patrialis Akabar menjadi hakim Mahkamah Konstitusi, dalam hal ini ada yang terbesit dalam permasalah ini.

yaitu seorang presiden mempunyai hak mengusulkan calon hakim Mahkamah Konstitusi, ini memang sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 2003 tentang mahkamah konstitusi, ada tga lembaga yang boleh mengusulkan hakim mahkamah konstitusi, ketiga lembaga itu adalah Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat/DPR dan Mahkamah Agung/MA.

sebetulnya dalam pengusulan calon hakim Mahkamah Konstitusi ini dan pemilihanya ada dua lembaga yang membuat calon hakim Mahkamah Konstitusi bermuatan Politik yaitu Dewan Perwakilan Rakyat dan Pemerintah, hal ini justru akan mengusik Independesi Mahkamah Kostitusi

Mahkamah Konstitusi yang seharusnya netral, mandiri, dan bebas dari intervensi lembaga lain, bila kita menilik sekarang ada Akil Mockhtar yang merupakan kader parpol golkar, lalu Hamdan Zoelva yang anggota PBB dan sekarang yang Patrialis Akbar.

mungkin ke tiga nama diatas memang pantas menjadi hakim Mahkamah Konstitusi, namun dikarenakan mereka adalah anggota kader parpol dimumgkinkan dalam melakukan tugas dan fungsnya keputusan Mahkamah Konstitusi akan memihak salah satu pihak.

apalagi salah satu fungsi Mahkamah Konstitusi adalah memutus perkara/sengketa pemilu yang notabeya adalah adalah parpol adalah peserta pemilu, hal ini menimbulkan kecemasan tentang independensi mahkamah Konstitusi.

semoga saja para hakim Mahkamah Konstitusi mampu menjaga Independensi lembaganya, walaupun mereka anggota parpol untuk itu dalam UU MK sebaiknya di atur ulang dalam pemilihan anggota hakim MK


oleh dwiky agil ramadhan


INFO PENTING !!!, ada investasi yang memberi anda kemudahaan dan bermodal murah, saya selaku bloger DWIKY AGIL RAMADHAN sudah mendapat manfaatnya, silahkan kunjungi http://KomisiVirtual.com/?id=DWIKY, dan ikuti dan rasakan manfaatnya !!!!!! 

Entri Populer

silaturahmi

bagi kawan2 pengunjung blog ini, bisa menghubungi saya di 746839BA Hehehe, untuk menjalin silaturahmi antar umat manusia