pasang iklan
pasang iklan

Sabtu, 27 Juli 2013

PENGERTIAN FILSAFAT SEDERHANA

Dalam wacana ilmu pengetahuan. banyak orang yang memandang filsafat adalah ilmu yang susah, rumit, dan membingungkan. namun pendapat yang seperti ini tidaklah selamanya benar, dalam kehidupan manusia sebetulnya semua itu berfilsafat, dari dia lahir sampai mati, sehingga filsafat itu sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. kalau orang berpandangan bahwa akal manusia lah yang terpenting, maka dia sedang berfilsafat tentang rsionalitas, kalau oarang berpandangan bahwa kesenangan itu hanya di dapat dari material berarti dia berfilsafat matrealisme.

secara etimologis istilah "filsafat" berasal dari bahasa yunani "philein" yang artinya cinta dan "shopoos" yang artinya hikmah atau kebijaksanaan, jadi secara sederhana filsafat itu sendiri adalah cinta kebijaksanaan. dan dalam mengkaji pengertian filsafat ini sebetulnya banyak sekali ruang lingkup bahasanya.

adapun cabang-cabang filsafat yang pokok adalah sebagai berikut :


  1. metafisika, yang membahas tentang hal-hal yang berekstensi di balik fisis, yang meliputi bidang-bidang ontologi, kosmologi, dan antropologi
  2. epistimologi, yang berkaitan dengan persoalan hakikat pengetahuan
  3. metodologi, yang berkaitan dengan persoalan hakikat metode dalam ilmu pengetahuan
  4. logika, yang berkaitan dengan morlitas, tingkah laku manusia
  5. estetika, yang berkaitan dengan persoalan hakikat keindahan
  6. etika, yang berkaitan dengan moralitas, tingkah laku manusia
berdasar cabang-cabang filsafat inilah kemudian muncul berbagai cabang filsafat baru dan aliran-aliranya.

INFO PENTING !!!, ada investasi yang memberi anda kemudahaan dan bermodal murah, saya selaku bloger DWIKY AGIL RAMADHAN sudah mendapat manfaatnya, silahkan kunjungi http://KomisiVirtual.com/?id=DWIKY, dan ikuti dan rasakan manfaatnya !!!!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

silaturahmi

bagi kawan2 pengunjung blog ini, bisa menghubungi saya di 746839BA Hehehe, untuk menjalin silaturahmi antar umat manusia