pasang iklan
pasang iklan

Sabtu, 19 April 2014

BAHASA BANYUMASAN


Unsur utama dari budaya adalah bahasa, begitu pula budaya Banyumasan dengan bahasa Banyumasanya yang berfungsi sebagai sarana komunikasi dan berinteraksi. Interaksi diungkapkan dalam komunikasi sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat. Dalam perkembanganya bahasa Banyumasan telah menjadi wahana untuk memberi makna susastra dan budaya Banyumasan.


Fungsi dan peran bahasa Banyumasan tidak hanya sebatas sebagai sarana komunikasi. Bahasa Banyumasan dapat didayagunakan sebagai wahana untuk menggali kearifan lokal yang memiliki nilai-nilai unggul. Selain itu, bahasa Banyumasan dapat menjadi sarana ekspresi seni dan budaya. Banyak sekali nilai yang terkandung dalam bahasa Banyumasan, yaitu nilai moral, etis dan estetis yang dapat didayagunakan untuk membangun watak dan budi pekerti.



Dewasa ini, pemahaman dan penggunanaan bahasa Banyumasan telah mengalami penurunan karena pengaruh globalisasi dan faktor-faktor yang lain. Dalam situasi yang demikian, telah menimbulkan kperihatinan terhadap kondisi bahasa Banyumasan. Apabila bahasa Banyumasan ditinggalkan oleh penuturnya akan berdampak secara sosial dan kultural, antara lain lunturnya etika, moral, sopan santun, dan budi pekerti.

Lalu, apakah kita selaku warga banyumas akan meninggalkan bahasa daerah kita ??????????????????????????????????????????????????????????????????????


HANYA SEKALI KLIK, ANDA BISA SUKSES BERBISNIS DI INTERNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

silaturahmi

bagi kawan2 pengunjung blog ini, bisa menghubungi saya di 746839BA Hehehe, untuk menjalin silaturahmi antar umat manusia