Rabu, 05 Maret 2014

Prof. Dr. Agus Raharjo, S.H.,M.Hum dan Prof. Dr. H. Muhammad Fauzan, S.H.,M.Hum, menambah deretan Guru Besar di Fakultas Hukum UNSOED

       Dua lagi guru besar atau professor dihasilkan Fakultas Hukum Unsoed. Dengan tambahan Dua guru besar ini, maka secara keseluruhan sampai hari ini, Fakultas Hukum Unsoed telah menghasilkan 4 Guru Besar sedangkan secara keseluruhan Universitas Jenderal soedirman telah menghasilkan 54 Guru Besar. Dua guru besar bidang hukum, yakni Prof. Dr. Agus Raharjo, S.H.,M.Hum dan Prof. Dr. H. Muhammad Fauzan, S.H.M Hum,. Secara resmi pengukuhan guru besar dalam Sidang Senat Terbuka berlangsung Selasa, 4 Maret 2014 lalu di Gedung Soemardjito, Unsoed.
       Pengukuhan Guru Besar ini dihadiri sejumlah kalangan seperti Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga, Ketua Majelis Guru Besar beserta anggota, Ketua Senat Universitas Jenderal soedirman, Pimpinan Universitas dan Fakultas di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman, dosen, karyawan, undangan dan teristimewa keluarga Prof. Dr. Agus Raharjo, S.H.,M.Hum. dan Prof. Dr. H. Muhammad Fauzan, S.H.,M.Hum. Pada kesempatan tersebut juga hadir Guru besar tamu Prof. Dr. H. Bagir Manan, S.H.,M.CL. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran). Agus Raharjo menjadi guru besar termuda yang dikukuhkan Unsoed, karena berhasil menyandang gelar profesor di usianya yang ke 42. “Ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) tanggal 1 Oktober 2013.
       Dalam Sidang Senat Terbuka tersebut Agus Raharjo dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Hukum Pidana Khusus. Sementara Muhammad Fauzan dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Hukum Pemerintahan Daerah. Prof. Dr. Agus Raharjo, S.H.,M.Hum menyampaikan orasi ilmiah bertajuk Pengembangan Ilmu Pidana Pada Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sementara Prof. Dr. H. Muhammad Fauzan, S.H.,M.Hum, menyampaikan orasi ilmiah berjudul Titik Berat Otonomi Daerah Pada Daerah Provinsi Dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia Pada Masa yang Akan Datang. Dalam sambutannya Rektor Unsoed, Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S menyampaikan, kehadiran dua orang guru besar Unsoed yang baru saja dikukuhkan tersebut, menjadi aset yang sangat sangat berharga. Sebab kontribusi mereka tak dapat dipisahkan dari proses penguatan peran Unsoed, sebagai pusat keunggulan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada pengembangan sumber daya perdesaan berkelanjutan.
       Beliau juga menyampaikan, bertambahnya jumlah guru besar di lingkungan Unsoed, maka semangat juang dan berkontribusi yang diberikan Unsoed kepada masyarakat, bangsa, negara, dan peradaban melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin nyata.“Tanpa akademisi yang mumpuni, maka tidak mungkin Unsoed bisa melahirkan lulusan yang diakui dan berperan aktif dalam masyarakat. Tanpa akademisi yang handal, maka lahirnya berbagai karya penelitian yang bisa diimplementasikan untuk kehidupan masyarakat hanya sebatas mimpi,”.
     Semoga dengan bertambahnya dua profesor, akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan bangsa kita dan dapat selalu memberikan kontribusi keilmuan kepada Fakultas Hukum Unsoed. 

sumber :

Entri Populer

silaturahmi

bagi kawan2 pengunjung blog ini, bisa menghubungi saya di 746839BA Hehehe, untuk menjalin silaturahmi antar umat manusia